KAMUS ISTILAH-ISTILAH DALAM WPAP (Wedha's Pop Art Portrait)

kolbyart.com - Saya baru baca artikel di grup Belajar WPAP Yuk! ternyata ada juga Kamus Istilah-istilah dalam WPAP haha. nah langsung saja pada kamusnya..

KAMUS ISTILAH-ISTILAH DALAM WPAP (Wedha's Pop Art Portrait)

A
Adobe Illustrator (AI): program aplikasi grafis yang digunakan untuk membuat WPAP

Anatomi Wajah : Dasar/lekuk yg terbentuk dari wajah object,yg mutlak harus dikuasai oleh para Wpapers agar dimensi wajahnya sempurna

Anomali : Penyimpangan, selain obyek wajah yang menjadi kekhasan karya WPAP, tidak tertutup kemungkinan untuk membuatnya dalam seluruh tubuh, dengan alasan figur itu mempunyai ciri khas tersendiri, baik gaya ataupun kostum yang dikenakan, atau adegan-adegan historis dan dramatis yang sangat dikenal publik.

Autocad : Program aplikasi untuk membuat bangunan arsitektural yg juga dapat
digunakan untuk membuat WPAP

B
Berkarakter : WPAP yang dibuat sudah mewakili karakter objek (dilihat dari kesereasian warna facet, warna background, ekspresi objek & tipografi pendukung.

BG: Background / Latarbelakang dari suatu object gambar

BOW: Balla of WPAP (Balla=Rumah, istilah makassar)

Bocor/Bolong : istilah untuk facet yang tidak tertutup sempurna,masih ada bagian yang bolong

C
CorelDraw: Perangkat lunak berbasis vector yg lazim digunakan para WPAPers

Coloring: Pewarnaan

Culik Warna: istilah yg dipakai ketika kita memakai sumber referensi sebagai bahan acuan dalam pewarnaan.

CMIIW : Correct Me If Iam Wrong

CMYK: (Cyan-Magenta-Yellow-Black) Salah satu mode warna
Cyan Magenta Yellow Key, atau sering disingkat sebagai CMYK adalah proses pencampuran pigmen yang lazim digunakan percetakan. Tinta process cyan, process magenta, process yellow, process black dicampurkan dengan komposisi tertentu dan akurat sehingga menghasilkan warna tepat seperti yang diinginkan. Bahkan bila suatu saat diperlukan, warna ini dengan mudah bisa dibentuk kembali.
Sistem CMYK juga digunakan oleh banyak printer kelas bawah karena keekonomisannya.
CMYK (adalah kependekan dari cyan, magenta, yellow-kuning, dan warna utamanya (black-hitam), dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses pewarnaan dengan mempergunakan empat warna) adalah bagian dari model pewarnaan yang sering dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun ia juga dipergunakan untuk menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda-beda dari setiap tempat pencetakan, operator surat khabar, pabrik surat khabar dan pihak-pihak yang terkait, tinta untuk proses ini biasanya, diatur berdasarkan urutan dari singkatan tersebut.
Model ini, baik sebagian ataupun keseluruhan, biasanya ditimpakan dalam gambar dengan warna latar putih (warna ini dipilih, dikarenakan dia dapat menyerap panjang struktur cahaya tertentu). Model seperti ini sering dikenal dengan nama "subtractive", karena warna-warnanya mengurangi warna terang dari warna putih.
Dalam model yang lain "additive color", seperti halnya RGB (Red-Merah, Green-Hijau, Blue-Biru), warna putih menjadi warna tambahan dari kombinasi warna-warna utama, sedangkan warna hitam dapat terjadi tanpa adanya suatu cahaya. Dalam model CMYK, berlaku sebaliknya: warna putih menjadi warna natural dari kertas atau warna latar, sedangkan warna hitam adalah warna kombinasi dari warna-warna utama. Untuk menghemat biaya untuk membeli tinta, dan untuk menghasilkan warna hitam yang lebih gelap, dibuatlah satu warna hitam khusus yang menggantikan warna kombinasi dari cyan, magenta dan kuning.

D
Dejavu : pengulangan objek yg sama yg telah digarap oleh orang lain

DTG (Direct To Garment) : Teknologi print kaos yang cocok untuk menyetak hasil desain wpap dalam bentuk kaos. Printing ini menggunakan sistem seperti printer lainnya, namun menggunakan tinta tekstil yang sifatnya menyerap ke kaos.

Diagonal: Garis menyilang yg menghubungkan dua sudut yg berseberangan

Dimensi :

E

F
Facet: Bidang, bidang-bidang dengan garis-garis lurus dalam WPAP berdasarkan kondisi gelap terangnya sebuah obyek

Faceting: Pembidangan (lihat facet)

FMB (Foto Marak Berkotak): sebutan awal WPAP (dikerjakan secara manual)

G
Gradasi: Warna gradasi adalah warna yang terbentuk dari perpindahan antara warna satu ke warna lain. Warna gradasi dapat dikombinasikan antara dua warna atau lebih.

Greyscale: tahap pewarnaan (hitam putih) dalam wpap yang menggunakan warna-warna dalam skala warna abu-abu sesuai dengan foto aslinya (BW/hitam putih), biasanya dilakukan untuk mengejar kemiripan dan keakuratan gelap terang sebuah obyek, gambar dalam bentuk greyscale menjadi panduan dalam proses pewarnaan berikutnya.

Gradasi: Peralihan dari satu warna ke warna lain dalam satu bidang

H
HOW: House of WPAP

Hires: (High Resolution) Gambar/Foto sumber dengan kualitas tinggi

Horisontal: garis mendatar

I
IMHO : In My Humble Opinion

Image: foto asli sebagai bahan tracing

J
JUMPING : pemakaian warna yg meloncat,dari warna keras langsung ke warna sangat soft tanpa melalui warna medium.

K
Komposisi: Tata letak suatu Object gambar terhadap suatu Panel/Bidang gambar

Kolor masih dijemur: Belum menemukan warna / belum ada mood ngewarnain yang pas

Kurasi: Kata Kurasi berasal dari bahasa Inggris yaitu curation, dari kata ini berkembang kata kura curate, curator, dan curatorial. Kemudian di Indonesia di sepakati dengan nama kurasi, kurator dan kuratorial. Dalam wester New 20 centure dictionery, curation berasal dari bahasa latin cura, curatum (to take care of) berarti menjaga, merawat, atau seseorang yang menjaga atau memilihara, memperhatikan dan mengawasi segala sesuatu seperti perpustakaan umum, musium, koleksi seni rupa dan sejenisnya "5enibudaya.wordpress.com/2012/10/05/kurasi-kurator-dan-kuratorian"

dalam WPAP Community kurasi bisa diartikan sebagai proses penentuan kelayakan sebuah karya WPAP untuk ditampilkan dalam sebuah kegiatan pameran/event. kurasi biasanya dilakukan oleh founder sendiri, dan atau oleh tim dengan sepengetahuan dan seijin founder.

Krowak: (Krowok : jawa) cuil, dimana facet cuwil seperti buah yg dimakan kalong (kelelawar). yaitu sebagian background masuk (menembus) objek gambar.
atau eksekusi wpap yang hanya sebagian wajah, tetapi karakter obyeknya sudah kelihatan.

Kurva: bidang dengan garis lengkung, TIDAK DIPERBOLEHKAN ADA DALAM SEBUAH KARYA WPAP

L
Landscape: Format 2D (ukuran mendatar lebih panjang daripada ukuran tingginya)

Lowres (Low Resolution): foto dengan resolusi rendah yang detil-detilnya tidak begitu kelihatan, tidak disarankan untuk dibuat wpap, tetapi kadang-kadang merupakan tantangan tersendiri bagi WPAPer (we pe a per); lawan dari Hi-Res (High Resolution)

M
Minimalis:
Master: Julukan (panggilan akrab) untuk WPAPers yg sudah memiliki jam terbang tinggi atau karya2nya sudah cukup dikenal. Mbakster: istilah master untuk kaum hawa (mbak: kakak perempuan. jawa)

N
Ngendog : Bertelor /Berkarya baru

O
Objeck:

P
Pantone: lengkapnya, The Color Pantone Matching Sistem sebagian besar merupakan sistem warna standar reproduksi. Dengan standardisasi warna, produsen yang berbeda di lokasi yang berbeda semua dapat merujuk pada sistem Pantone untuk membuat warna memastikan cocok dengan tanpa kontak langsung dengan satu sama lain.

Palet Warna: tabel yang berisi informasi warna yang tersedia

Pop Art: Seni menggambar yg salah satu cirinya adalah penggunaan warna2 kontras.
atau coba simak yang ini
Di buku Pop Art (Basic) keluaran Taschen, definisi ini di-debunk dengan mengeluarkan pernyataan pop art yang sebenarnya, yaitu “Mengkomunikasikan keindahan kepada rakyat awam dengan cara-cara yang mudah dimengerti oleh mereka.”
Itulah kenapa Campbell’s Soup, Komik, Uang dua dollar, Michael Jackson, dan sebagainya dipakai sebagai subjek. Kenapa begitu saja dipakai tanpa ada sentuhan estetika? Karena kalau kita mau jujur, seperti itulah estetika masyarakat awam. Mereka tidak bicara komposisi warna, gradasi, kontras, legibility, dan sebagainya. Mereka hanya ingin sebuah icon yang mereka sukai hadir di tengah-tengah karya seniman terkenal. Dengan media itulah seniman pop art berusaha berkomunikasi dengan masyarakat. "hariadhi.wordpress.com/2009/06/17/apa-itu-pop-art/"

Pop Art yang lahir di tahun 1950-an merupakan seni grafis yang menggabungkan foto serta permainan warna yang berani terkadang di sertai dengan penggunaan simbol simbol sebagai ciri khas dari si pembuat. Pop art juga terkenal dengan penggunaan teks berukuran besar dengan stroke atau outline yang tebal. (pengaruh dadaisme)
Pop art sendiri lahir di Inggris dan juga Amerika pada tahun 1950-an yang di populerkan oleh Lawrence Alloway seorang Kurator sekaligus kritikus dari Inggris. Nama pop art itu sendiri berasal dari kata Popular Mas Cultur namun orang lebih mengenalnya dengan sebutan Pop Art.
Pada awalnya , Pop art merupakan bentuk reaksi dari perkembangan seni Abstrak atau Expresionisme pada saat itu. Dengan mengambil ciri khas desain iklan dan komik.
Salah satu bentuk awal desain Pop art adalah karya dari Richard Hamilton, Jhon Mchale dan Jhon Voelcker pada tahun 1956 yang berjudul " Just What is it that makes today's homes so different, so appealing?. Karya tersebut berupa penggabungan potongan gambar dari berbagai sumber.
Seiring dengan perkembangan jaman desain pop art tidak hanya di tuangkan dalam media cetak, sablon kaos, aksesoris motor , tapi di gunakan juga untuk mempercantik rumah, untuk bagian luar ataupun dalam. mungkin anda pernah melihat bangunan rumah dengan banyak warna yang berani, model sofa atau kursi yang unik, ini merupakan sebuah perkembangan dari dunia desain Pop art.

Konsep melukis pop-art
Lukisan yang berfokus pada barang-barang komersial yang diproduksi secara massal. Aliran ini lahir pada tahun 1956, sebagai hasil pernyataan bahwa aliran ini bagian dari seni modern yang berlaku saat ini, dan tidak mengada-ada. Obyek yang ditampilkan adalah benda-benda yang sudah ada. Bentuk lukisan Pop-Art sering bersifat lucu, ironis, dan karikatual. (Rasjoyo, 1994: 56).

Tokoh – tokoh
Tokoh-tokohnya antara lain : Andy Warhol, Roy Lichtenstein, Tom Wasselman, George Segal, Yoseph Benys, Claes Oldenburg dan Cristo.
Di Indonesia yang menganut aliran ini adalah seniman-seniman yang memproklamirkan diri : Kaum Seni Rupa Baru Indonesia” (disarikan dari "aiirm59.blogspot.com/2012/07/aliran-seni-lukis-pop-art.html"

Portrait: 1. (Indonesia) Potret = Lukisan wajah, 2. format karya 2D ( ukuran tingginya lebih panjang dari pada ukuran mendatar)

Pen Tool: Tools pada Photoshop yg digunakan utk menarik garis saat fase faceting. Setara dengan Bazier Tool pd CorelDRAW.

Pertamax: (baca: Pertama Kali) = untuk WPAPer yg pertama komen karya yg di upload

Photoshop (PS): Perangkat lunak yg lazim dipakai para WPAPers dlm berkarya

Plagiat : Menjiplak mentah2 dan mengakui karya orang lain sebagai karya sendiri

POI (Point Of Interest): Mengambil bagian yang menjadi daya tarik dari sebuah Karya.

Point Karakter, : Bagaian wajah Objek yang bagian tersebut biasanya harus lebih Kuat warnanya dan menjadi pusat kemiripan (bagian yang dimaksud Mata, Alis, Bagian Bawah Hidung, Bibir dan Bentuk Ukuran Kepala)

POMPARAPEMPONG DAH:

Q

R
RGB: (Red-Green-Blue) = Salah satu mode warna,
RGB adalah suatu model warna yang terdiri atas 3 buah warna: merah (Red), hijau (Green), dan biru (Blue), yang ditambahkan dengan berbagai cara untuk menghasilkan bermacam-macam warna.
Kegunaan utama model warna RGB adalah untuk menampilkan citra / gambar dalam perangkat elektronik, seperti televisi dan komputer, walaupun juga telah digunakan dalam fotografi biasa. Sebelum era elektronik, model warna RGB telah memiliki landasan yang kuat berdasarkan pemahaman manusia terhadap teori trikromatik.
RGB merupakan model warna yang bergantung kepada peranti: peranti yang berbeda akan mengenali atau menghasilkan nilai RGB yang berbeda, karena elemen warna (seperti fosfor atau pewarna) bervariasi dari satu pabrik ke pabrik, bahkan pada satu peranti setelah waktu yang lama.
Model warna ini merupakan model warna yang paling sering dipakai. Contoh alat yang memakai mode warna ini yaitu TV, kamera, pemindai, komputer, dan kamera digital.
Kelebihan model warna ini adalah gambar mudah disalin / dipindah ke alat lain tanpa harus di-convert ke mode warna lain, karena cukup banyak peralatan yang memakai mode warna ini. Kelemahannya adalah tidak bisa dicetak sempurna dengan printer, karena printer menggunakan mode warna CMYK, sehingga harus diubah terlebih dahulu. RGB merupakan model warna aditif, yaitu ketiga berkas cahaya yang ditambahkan bersama-sama, dengan menambahkan panjang gelombang, untuk membuat spektrum warna akhir.

S
Skema warna: (colorscheme; inggris) kombinasi warna yang digunakan dalam sebuah karya WPAP, setiap WPAPer mempunyai skema warna sendiri (warna khas)

Skintone: tahap pewarnaan dalam wpap yang menggunakan warna-warna kulit sesuai dengan foto aslinya, biasanya dilakukan untuk mengejar kemiripan dan keakuratan gelap terang sebuah obyek, gambar dalam bentuk skintone menjadi panduan dalam proses pewarnaan berikutnya

Simetris : Bagian facet kanan dan kiri sama,biasanya dihindari dalam membuat karya WPAP, karena dinilai mengurangi improvisasi.

Stock :
Simpel Style : facet pada WPAP biasanya tidak terlalu Rumit ciri khasnya mengandalkan POINT KARAKTER menjadi warna yang terkuat atau tergelap sisanya improv (improvisasi).

School Of WPAP (bacanya Skul of WePAP) : Tempat Sekolah WPAP

T
Tracing: jiplakan gambar

Tracing Bermartabat: tracing kreatif yang tidak tunduk 100% pada foto aslinya

Trocoh: Efek "light burst" seperti sinar yang nembus ke object WPAP (Gunawan Syarifuddin), efek ini dipopulerkan oleh Sungging Priyanto.
Typography: segala sesuatu yang berhubungan dengan teks atau huruf, memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, dan atau sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

'T' Area : Mata,Hidung,Mulut merupakan daerah T yg mutlak harus dibuat semirip mungkin agar karakter object WPAPnya dapat.

U
Uyeeeeey : Secara keseluruhan (Warna dan Facet) Istimewa. (99%)

V
Vertikal: garis tegak lurusVektor : Aliran desain yang menggunakan Kurva, Bentuk File desain yang biasa nya masih mentah (belum berupa Jpeg) contoh hasil file mentah : Ai, CDR, Eps, PSD dan lain2

W
WIP (Work in progres): merupakan proses setengah jadi atau yang sedang berjalan

Warna:
Warna Pastel: warna yang didominasi dengan warna pucat yang memiliki contrast lebih soft karena warna pembangunnya di kombinasikan dengan warna putih
atau
Warna Soft: warna yg didominasi warna-warna lembut

Welcome Back : Sapaan untuk WPAPer yang sudah lama nggak berkarya, akhirnya muncul lagi.

WPAPer (we pe a per): pekerja WPAP? atau Seniman WPAP?

X

Y 
Young W : sebutan WPAPer termuda

Z
Zoom In: Membesarkan obyek (misal: Zoom in lagi hingga sebahu mas? :)..., lawan dari Zoom Out 

zzZZZ.. : Ketika WPAPer cape dan tidur terlelap.. :D

Nah Itulah bagian-bagian dari KAMUS ISTILAH-ISTILAH DALAM WPAP (Wedha's Pop Art Portrait) semoga bermanfaat :)

Komentar

  1. kebetulan ane lagi belajar WPAP, makasih gan. BTW, web nya bagus..

    BalasHapus

Posting Komentar